TELAH TERJADI GEMPA BUMI YANG BERKEKUATAN 7,3 SKALA RICHTER PADA HARI SELASA PUKUL 14.55. PUSAT GEMPA TERLETAK DI 142 KM BARAT DAYA DENGAN KEDALAM 30 KM TASIKMALAYA. GEMPA INI SEMPAT BERPOTENSI TSUNAMI (SUMBER BMG) <----> GEMPA DIRASAKAN PADA 9/9/2009 YANG BERKEKUATAN 5,2 SKALA RICHTER TERJADI DI 64 KM BARAT DAYA KRUI-LAMPUNG , 85 KM TENGGARA BINTUHAN-BENGKULU , 87 KM BARAT DAYA LIWA-LAMPUNG , 165 KM BARAT DAYA BELAMBANGANUMPU-LAMPUNG , 176 KM BARAT DAYA-SUMSEL (SUMBER BMG).

22 Agustus 2009

TENTANG KAMI

Tagana Sumatera Selatan terbentuk pada tanggal 25 Maret 2005 , terinspirasi dari kejadian bencana Tsunami di Nangroe Aceh Darusalam, Tim Kemanusiaan Sumatera Selatan merupakan Tim pertama yang tiba di Nangroe Aceh Darusalam tiba di Pangkalan Udara Sutan Iskandar Muda pada tanggal 28 Desember 2004, melakukan kegiatan bhakti sosial , layanan kesehatan dan membantu para eksodan, semua lembaga seakan menjadi yang terdepan membantu korban tsunami, berangkat dari kejadian tersebut lahir ide untuk membuat suatu wadah yang peduli dan terdepan dalam membantu korban bencana. dari hasil diskusi dengan teman-teman kepala bidang bantuan dan jaminan sosial yang dikomandani saudara Andi Hanindito, lahirlah TAGANA.

Dari kesepakatan tersebut Drs. Ms. Sumarwan. MM merespon dan mengambil langkah untuk segera membentuk Taruna Siaga Bencana di Sumatera Selatan, dari tahun ke tahun Tagana mendapat tempat di masyarakat dan pimpinan daerah baik Bupati/Walikota maupun Gubernur Sumatera Selatan karena Tagana dianggap peka, siaga, sigap dan tanggap membantu korban bencana yang terhadi disekitarnya, Hingga saat ini anggota TAGANA Sumatera Selatan berjumlah : 839 orang yang berada di 15 Kabupaten / Kota Se– Sumatera Selatan. selaku Koordinator Taruna Siaga Sumatera Selatan.

Drs. H. Ms. Sumarwan .MM , secara arif terus mengembangkan Tagana keseluruh Kabupaten/kota, alhasil Tagana Sumsel tumbuh cukup signifikan. dari Tahun 2005 berawal dari 70 orang tagana, kini tagana sumsel telah mampu melatih 1.025 Tagana dan yang aktif 839, kami selalu ingin merekrut tenaga muda potensial untuk mengabdikan diri menjadi relawan di bidang penanggulangan bencana, dengan Motto : We are the first to help and care ( Kami orang yang pertama menolong dan peduli) terhadap korban bencana.

Suatu tekad telah tertanam dari sanubari Tagana Sumsel : bagimu negeri jiwa raga kami. ( Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya ).


Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah :

Skala Nasional :

1. Membantu korban Gempa Bumi Jogyakarta tahun 2005.

2. Membantu korban gempa bumi di Sumatera Barat.

3. Membantu Korban gempa Bengkulu

4. Membantu korban Banjir Jakarta

5. Membantu korban banjir bandang di Banjar negara Jawa tengah

6. Membantu korban banjir bandang di Sulawesi selatan

5. Apel Tagana Se- Sumatera di Benteng Kuto Besak Palembang

Tingkat Regional

1. Membantu Korban bencana yang terjadi diseluruh wilayah Sumatera Selatan.

2. Membantu evakwasi Korban tenggelamnya Kapal Tristar

3. Membantu korban gempa bumi Gunung Dempo di Pagaralam

4. membantu korban kebakaran pemukiman penduduk di kelurahan 5 ulu Palembang

5. membantu korban kebakaran pemukiman penduduk di desa Sunsang Banyuasin

6. membantu kebakaran pemukiman penduduk di Pagar Alam


Aktivitas Rutin TAGANA SUMSEL

1. Kerjasama dengan Sriwijaya FC sebagai steward pada even ISL Djarum dan Copa

2. Mengadakan latihan rutin Taekwando

3. Aktif pada kegiatan zikir

4. Penerbitan Majalah Tagana News

5. Menyusun directory keanggotaan Tagana Sumsel

0 komentar:

Posting Komentar

 

TAGANA SUMSEL

Jl. Kapt. Anwar Sastro
Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan
Telp POSKO :
Email : taganasumse
l@yahoo.co.id